Untuk yang Teristimewa (di) Jogjakarta

Bagaimana kabarmu, Jogjakarta? Pesonamu yang mana lagi yang kulewatkan setelah hampir tiga bulan tak mengunjungimu?

Setahun yang lalu, aku adalah sebuah buku yang siap diisi dengan kisah baru. Lalu aku memulainya dengan mengunjungimu, kota dengan sejuta keistimewaan yang tak habis kutuliskan. Menemui Dia, seorang tokoh yang membuat istimewamu lebih nyata bagiku.

Kamu dan Dia, adalah sepasang keindahan yang tak pernah bisa kutepiskan. Adalah kenyamanan yang tak pernah rela kutinggalkan. Adalah kesederhanaan yang tak pernah gagal membahagiakan.

Apa kamu merindukanku? Sepertinya tidak. Aku yang selalu merindukanmu, dan Dia tentunya.

Pedagang kaki lima di Malioboro, pengamen di angkringan, lampu-lampu di Sekaten, batu-batu candi Prambanan, pohon beringin kembar, Merapi yang gagah, pasir, bulan dan batu karang di pantai itu, juga debu-debu di sepanjang jalan yang pernah kulewati, bagaimana kabar mereka? Masihkah mereka ingat seberapa lebarnya aku melengkungkan senyuman ketika bersama Dia waktu itu? Oh ya, Stasiun! Apa dia masih ingat berapa tetes air mata yang kujatuhkan setiap kali akan meninggalkan Dia dan kamu, Jogjakarta? Aku harap tidak. Aku malu.

Hari ini, tepat setahun sejak perpisahan sore itu. Perpisahan yang merupakan awal dari kebersamaanku dan Dia. Bisakah kamu mendekat dengan kotaku hari ini, Jogjakarta? Aku ingin memeluknya, sebentar saja. Setelah itu kamu boleh kembali ke tempat asalmu. Bagaimana? Yaaa, aku tau kamu pasti tidak bersedia untuk itu.

Ah, sudahlah. Ini bukan masalah besar. Ada Dia di sini ataupun tetap di sana, buatku hari ini tetap istimewa. Di manapun adanya, bagiku Dia tetap istimewa. Sama seperti Jogjakarta yang selalu istimewa di mata mereka yang mencintainya.

Terima kasih atas segala kebaikan yang kamu tawarkan, Jogjakarta. Aku tau kamu akan selalu menjadi yang teristimewa, semoga kisahku juga.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s