[BUKU] Sabtu Bersama Bapak

Judul: Sabtu Bersama Bapak

Penulis: Adhitya Mulya

Penerbit: GagasMedia

photo source: google

Tema ‘keluarga’ yang diangkat di buku ini sudah terlihat dari judulnya; Sabtu Bersama Bapak. Buku setebal 277 halaman ini menceritakan tentang perjalanan sebuah keluarga yang kental dengan nuansa sunda. Sang kepala keluarga, Gunawan Garnida bertekad untuk terus membimbing kedua putranya, Satya dan Cakra, hingga dewasa nanti meski dokter memvonis umurnya tak akan lama lagi akibat penyakit kanker yang sedang diidapnya. Untuk itu bersama Itje Garnida, istrinya, ia membuat video-video berisikan cerita-cerita yang penuh dengan nilai-nilai kehidupan. Sepeninggal suaminya, Itje memutarkan video itu untuk anak-anaknya setiap hari Sabtu.

Buku ini cukup menguras emosi. Banyak bagian lucu yang diangkat pada cerita kehidupan Cakra yang kesulitan menemukan jodohnya ketika dewasa, banyak konflik-konflik rumah tangga yang ditampilkan dari keluarga kecil Satya, dan tentu banyak juga bagian mengharukan dari cerita antara Gunawan dan Itje, Gunawan dengan putra-putranya dan Itje dengan putra-putranya setelah Gunawan wafat.

Twist ceritanya dituliskan dengan rapi. Membuat alur mundur melalui adegan-adegan Cakra dan Satya menonton video peninggalan Ayahnya menjadikan buku ini menarik, sejalan dengan semiotika yang ditampilkan di judulnya. Cerita yang diangkat dalam buku ini adalah cerita yang sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari, namun Adhitya Mulya mengemasnya dengan sangat apik. Masih ada beberapa kesalahan penulisan tapi tidak mengurangi nilai baik yang dibawa buku ini. Novel ini tak hanya sekadar menghibur tapi juga mendidik. (4,5/5 stars out to this)

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s